Minggu, 17 November 2013

Elephant in the Movies


Bukan cuma doggy yang banyak jadi tema sebuah film, gajah pun ternyata banyak diangkat jadi kisah film. Ada yang spesifik memang bercerita tentang gajah, ada yang hanya mengambil analogi kehidupan gajah. Saya pun, punya beberapa koleksi film tentang gajah.
Dimulai dari mengkoleksi Horton, Hears a Who!, film kartun tentang gajah yang diangkat dari buku anak-anak karangan Dr. Seuss. Ketika nonton di bioskop saya gak mengira ceritanya mengangkat tema gajah yang awalnya dianggap sebagai binatang malas, kerjanya cuma tidur ternyata punya peran besar dalam menyelamatkan kehidupan sebuah kota bernama Who-ville, yang dihuni makhluk-makhluk kecil yang hanya bisa didengar oleh telinga seekor gajah bernama Horton. Karena ceritanya bagus dan pemeran utamanya juga gajah maka saya belilah versi asli DVD-nya...
Sejak saat itu, setiap ada film yang bercerita tentang gajah, saya pun selalu ketagihan untuk menontonnya. Maka lahirlah koleksi film gajah saya lainnya. Sayangnya sebagian besar gak bisa saya temukan versi aslinya, jadi saya cuma punya versi yang bukan asli L
Ada film dengan judul Jumbo, ini film jadul yang ceritanya tentang gajah di dunia sirkus. Jumbo tentu aja seekor gajah (namanya aja udah ketahuan yah...) yang dimiliki oleh seorang bapak. Bersama anak perempuan dan si Jumbo ini, sang bapak (sori lupa namanya J) sukses di panggung sirkus, sampai muncullah seorang rival yang mengacaukan sirkus mereka. Bapak dan anak serta si Jumbo harus berjuang untuk mempertahankan panggung sirkus mereka, yang terancam dibubarkan.
Film lain yang saya punya berjudul Elephant, karya sutradara ngetop Gus van Sant. Terus ada lagi Knetter, film produksi Eropa tentang seorang anak perempuan, Bonnie, yang kurang mendapatkan kasih sayang dari bundanya dan mengidamkan dirinya bisa seperti gajah yang selalu berpegangan di ekor ibu gajah saat dibutuhkan.
Ada lagi film tentang gajah dengan judul The Elephant Boy dan Khan Kluay. Keduanya film dari Thailand, yang memang juga terkenal dengan gajahnya. Yang pertama mengangkat persahabatan antara Sang, seorang anak laki-laki dengan seekor gajah. Sementara yang kedua adalah film kartun tentang Khan Kluay, anak gajah yang hidup damai di hutan tapi selalu mempertanyakan keberadaan ayahnya yang belum pernah ditemuinya.
Nah, udah banyak kan pilihan film tentang gajah. Gak lengkap lho rasanya kalau belum nonton film-film ini...hehehe, itu sik saya yah...JJ
#buat yang baca artikel ini, kalau ada info tentang film gajah lainnya, boleh yaaa disampein ke saya...ma kacihh..

2 komentar:

  1. halo...ponakan saya suka sekali gajah. saya mau kasih film tentang gajah. bisa kasih info dimana saya bisa dapat filmnya?
    oh ya..film Shining Boy & Little Randy dimana ya bisa didapatkan?

    BalasHapus
  2. Hi Nell...
    Film-film yang saya punya saya beli di toko DVD seperti Disc Tarra atau Society, dan ada 1-2 yang saya beli dari luar. Sayangnya toko-toko DVD di Indonesia sekarang sudah pada tutup. Mungkin bisa dicoba cari lewat blibli.com. Kadang ada film juga di situs belanja online itu. Atau, kalau gak ada juga, bisa lewat Amazon.com. Selamat mencoba yaaa...semoga berhasil dapat... :)

    BalasHapus